Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar

Authors

  • Indri Resti Fadilla Universitas Negeri Padang
  • Anissa Bella Universitas Negeri Padang
  • Uke Khairunnisa Universitas Negeri Padang
  • YunindaTria Ningsih Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9311

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pembelajaran mind mapping terhadap kemampuan menulis karangan narasi di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kuasi Eksperimental. Subjek pada penelitian ini adalah berjumlah tiga orang. Subjek adalah anak kelas V SD Xaverius Bukittinggi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa setelah dilakukan perlakuan beberapa kali ada peningkatan antara nilai saat prestes dan nilai sesudah diberikan perlakuan kepada subjek. Dari hasilnya dinyatakan bahwa nilai pada saat sebelum diberikan perlakuan sebesar 162,5 setelah dilakukan beberapa kali perlakuan kepada subjek terjadinya hasil peningkatan dimana nilainya menjadi naik sebesar 231,25. Hal ini dapat dikatakan bahwa setelah menggunakan metode mind mapping.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Fadilla, I. R. ., Bella, A. ., Khairunnisa, U. ., & Ningsih, Y. . (2022). Pengaruh Pembelajaran Mind Mapping terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6417–6420. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9311