Analisis Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Cicau 01

Authors

  • Novia Khaerunisa Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Undang R. Wahyudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9301

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menjelaskan bagaimana SDN Cicau 01 menerapkan fungsi administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, apakah dalam penerapannya telah disesuaikan dengan standar nasional atau masih jauh dari standar. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif. Melalui penelitian ini didapatkan hasil bahwa dalam menetapkan fungsi administrasi dan tenaga kependidikan di SDN Cicau 01 telah disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Tujuan penerapannya ialah agar mutu pendidikan dapat meningkat, ilmu pengetahuan dapat dikembangkan lebih luas, serta pendidik maupun anak didik dapat mengabdi kepada masyarakat. Terdapat enam komponen dalam melaksanakan fungsi administrasi pendidik dan kependidikan yaitu pendidik dan tenaga pendidik telah merencanakan metode daam pengajaran, melakukan seleksi dan rekrutmen, melakukan penempatan dan pengangkatan, memberikan kompensasi, orientasi, serta mengawasi dan memberikan penilaian hingga melakukan pemberhentian. Dengan adanya fungsi administrasi pendidik dan tenaga pendidik telah membuat SDN Cicau 01 kekurangan staff karena untuk mencapai standar nasional pendidikan, kepala sekolah perlu merekrut tenaga pendidik yang linear dengan pendidikan yang akan diajarkannya.

Downloads

Published

2022-11-25

How to Cite

Khaerunisa, N. ., & Wahyudin, U. R. . (2022). Analisis Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Cicau 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6345–6352. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9301