Analisis Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Cicau 01
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9301Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini ialah untuk menjelaskan bagaimana SDN Cicau 01 menerapkan fungsi administrasi pendidik dan tenaga kependidikan, apakah dalam penerapannya telah disesuaikan dengan standar nasional atau masih jauh dari standar. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif. Melalui penelitian ini didapatkan hasil bahwa dalam menetapkan fungsi administrasi dan tenaga kependidikan di SDN Cicau 01 telah disesuaikan dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Tujuan penerapannya ialah agar mutu pendidikan dapat meningkat, ilmu pengetahuan dapat dikembangkan lebih luas, serta pendidik maupun anak didik dapat mengabdi kepada masyarakat. Terdapat enam komponen dalam melaksanakan fungsi administrasi pendidik dan kependidikan yaitu pendidik dan tenaga pendidik telah merencanakan metode daam pengajaran, melakukan seleksi dan rekrutmen, melakukan penempatan dan pengangkatan, memberikan kompensasi, orientasi, serta mengawasi dan memberikan penilaian hingga melakukan pemberhentian. Dengan adanya fungsi administrasi pendidik dan tenaga pendidik telah membuat SDN Cicau 01 kekurangan staff karena untuk mencapai standar nasional pendidikan, kepala sekolah perlu merekrut tenaga pendidik yang linear dengan pendidikan yang akan diajarkannya.Downloads
Published
2022-11-25
How to Cite
Khaerunisa, N. ., & Wahyudin, U. R. . (2022). Analisis Fungsi Administrasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN Cicau 01. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6345–6352. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9301
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Novia Khaerunisa, Undang R. Wahyudin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).