Design for Development of Canva Application-Based Audio-Visual Teaching Materials on the Thematic Subject "Myself (Me and My New Friends)" Elementary School Students

Authors

  • Binti Khoiriyah Universitas Nahdlatul Ulama Lampung,
  • Rani Darmayanti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Dwilita Astuti Universitas Nahdlatul Ulama Lampung,

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9291

Abstract

Pembelajaran matematika kurang optimal karena keterbatasan media pembelajaran. Sebagian besar guru hanya mengandalkan materi dan latihan manual, yang terlalu membatasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat media pembelajaran audiovisual berbasis aplikasi Canva pada pembelajaran tematik kelas 1 SD. Jenis penelitian ini adalah pengembangan media berdasarkan model pengembangan four-D. Karena keterbatasan peneliti, pengembangan media ini baru sampai pada tahap pengembangan. Dengan kata lain baru sampai tahap validasi oleh validator. Subjek penelitian ini adalah dua profesional media, dua profesional materi, dan dua praktisi, serta lima belas siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan rumus rata-rata untuk mendapatkan skor efikasi rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audiovisual berbasis aplikasi Canva Tematik pada topik 'Diriku (Aku dan Teman Baruku) memperoleh skor relevansi 4,73 untuk ahli materi dan 4,92 untuk ahli media Berdasarkan media audiovisual dari Pengembangan pembelajaran berbantu aplikasi Canva.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Khoiriyah, B. ., Darmayanti, R. ., & Astuti, D. . (2022). Design for Development of Canva Application-Based Audio-Visual Teaching Materials on the Thematic Subject "Myself (Me and My New Friends)" Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6287–6295. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9291