Strategi dan Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembelajaran Anak Tunagrahita di SLB Melati Aisyiyah Tembung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9283Abstract
Tunagrahita termasuk salah satu jenis anak berkebutuhan khusus yang mengacu pada fungsi intelektual umum yang berada di bawah rata-rata. Tunagrahita kurang memiliki kesanggupan untuk melakukan pekerjaan yang sesuai dengan usianya, maka dari itu perlu adanya penanganan khusus. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dimana tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi dan peran guru BK di SLB Melati serta untuk mengetahui faktor penghambat strategi dan peran dalam pembelajaran guru bk di SLB Melati. Subjek penelitian ini melibatkan dua orang guru wali kelas satu SD tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, rekaman suara dan dokumentasi. Dari penelitian ini ditemukan hasil bahwa strategi pembelajaran yang diberikan guru bk yaitu menggunakan pendekatan individual atau secara personal, dengan melakukan kontak mata dan menjalin hubungan baik antara siswa SLB dengan guru. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah face to face, metode pemberian tugas dan metode bermain. Sementara itu peran guru bk sendiri dalam SLB Melati masih rendah karena pihak sekolah lebih banyak menyerahkan kondisi siswanya kepada wali kelas yang dianggap lebih memahami setiap karakter anak yang ada dikelas dibandingkan guru bk itu sendiri. Menindak lanjuti penelitian ini, maka strategi dan peran guru bk di SLB Melati harus di optimalkan melalui pemberian motivasi dan kesadaran beberapa pihak menganai tugas, tanggung jawab dan perannya masing-masing.Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
salsabila, S. ., Siregar, M. A. ., Prastika, A. D. ., Narti, S. ., Amelia, A. ., Rahmadana, W. ., & Daulay, A. A. . (2022). Strategi dan Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembelajaran Anak Tunagrahita di SLB Melati Aisyiyah Tembung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6235–6242. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9283
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Sarah salsabila, Mutiara Azizah Siregar, Amelia Dwi Prastika, Sri Narti, Anggi Amelia, Wulandari Rahmadana, Annisa Arrumaisyah Daulay
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).