Fourth-Grade Students' Interest And Motivation To Learn Islamic Culture History Subject At Mis Al Hasanah Lumban Dolok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9276Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat dan Motivasi siswa Kelas IV dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MIS AL HASANAH Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal Pada Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di MIS AL Hasana, Lumban Dolok, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal. Ini adalah penelitian kualitatif, yang melibatkan analisis fenomena yang sedang dipelajari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, survei, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa minat siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS AL HASANAH Lumban Dolok Siabu Kabupaten Mandailing Natal adalah tinggi. Faktor-faktor yang memdukung minat tersebut adalah karena persepsi siswa yang positif terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan IIslam, adanya motivasi siswa yang tinggi dalam mengikuti pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, latar belakang pendidikan guru yang tinggi, guru menguasai materi, metode yang digunakan cukup bervariasi alat atau sarana belajar yang cukup mamadai, lingkungan sekolah yang mendukung, dan motivasi dari orang tua yang sangat mendukung. Sedangkan penelitan pada motivasi siswa kelas IV dalam belajar SKI yaitu: Siswa memiliki hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar menunjukkan ketekunan atau kemaun dalam belajar dan mengulang kembali pelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan oleh guru. Siswa yang memiliki minat dan perhatian terhadap pelajaran menunjukkan ketertarikan dalam belajar SKI dan selalu memperhatikan saat guru menerangkan serta Siswanya Memiliki Respon yang Tinggi pada saat Membahas Pembelajaran SKI.Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
Hanida, R. S. ., Nurjannah, . E. ., & Isdamayani, I. (2022). Fourth-Grade Students’ Interest And Motivation To Learn Islamic Culture History Subject At Mis Al Hasanah Lumban Dolok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6209–6215. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9276
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Rahmi Seri Hanida, Efinjan Nurjannah, Isdamayani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









