Fourth-Grade Students' Interest And Motivation To Learn Islamic Culture History Subject At Mis Al Hasanah Lumban Dolok

Authors

  • Rahmi Seri Hanida Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Efinjan Nurjannah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal
  • Isdamayani Isdamayani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Mandailing Natal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9276

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Minat dan  Motivasi siswa Kelas IV dalam belajar Sejarah Kebudayaan Islam  (SKI) di MIS AL HASANAH Lumban Dolok Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal Pada Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di MIS AL Hasana, Lumban Dolok, Kecamatan Siabu, Kabupaten Mandailing Natal. Ini adalah penelitian kualitatif, yang melibatkan analisis fenomena yang sedang dipelajari. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, survei, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahawa minat siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MIS AL HASANAH Lumban Dolok Siabu Kabupaten Mandailing Natal adalah tinggi. Faktor-faktor yang memdukung minat tersebut adalah karena persepsi siswa yang positif terhadap pembelajaran Sejarah Kebudayaan IIslam, adanya motivasi siswa yang tinggi dalam mengikuti pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, latar belakang pendidikan guru yang tinggi, guru menguasai materi, metode yang digunakan cukup bervariasi alat atau sarana belajar yang cukup mamadai, lingkungan sekolah yang mendukung, dan motivasi dari orang tua yang sangat mendukung. Sedangkan penelitan pada motivasi siswa kelas IV dalam belajar SKI yaitu: Siswa memiliki hasrat dan keinginan berhasil dalam belajar menunjukkan ketekunan atau kemaun dalam belajar dan mengulang kembali pelajaran yang sebelumnya sudah diajarkan oleh guru. Siswa yang memiliki minat dan perhatian terhadap pelajaran menunjukkan ketertarikan dalam belajar SKI dan selalu memperhatikan saat guru menerangkan serta Siswanya Memiliki Respon yang Tinggi pada saat  Membahas Pembelajaran SKI.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Hanida, R. S. ., Nurjannah, . E. ., & Isdamayani, I. (2022). Fourth-Grade Students’ Interest And Motivation To Learn Islamic Culture History Subject At Mis Al Hasanah Lumban Dolok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6209–6215. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9276