Analisis Kualitas Sistem Omnichannel pada PT. BFI Menggunakan Model ISO 25010

Authors

  • Hartati Rismauli Universitas Gunadarma
  • Naeli Umniati Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9268

Abstract

Omnichannel merupakan suatu transformasi dalam budaya organisasi, operasi dan proses, dan teknologi. Pada tahun 2021 PT BFI Finance mulai menggunakan platform Omnichannel dalam melakukan otomasi reminder (pengingat) angsuran pinjaman nasabah sebelum jatuh tempo. Fitur omnichannel memiliki fungsi yang beragam dengan salah satu fiturnya adalah pengiriman otomatis whatsapp dan sms. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas platform Omnichannel pada PT BFI menggunakan metode ISO 25010. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Pengujian ISO 25010 merupakan standar internasional yang digunakan dalam menganalisis kualitas dari suatu perangkat lunak. Penelitian ini membahas mengenai analisis kualitas aplikasi menggunakan ISO 25010 dengan lima karakteristik yaitu Functional Suitability, Usability, Performance Efficiency, Portability and Compatibility. Hasil dari karakteristik functional suitability yaitu platform omnichannel dikatakan baik. Usability mendapatkan 76,67 % yang berarti platform omnichannel disebut layak. Performance efficiency website termasuk baik karena proses load kurang dari 10 detik. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa platform Omnichannel memenuhi predikat puas. Compatibility platform Omnichannel tidak menemukan masalah letak dan performance pada browser Edge, Chrome dan Android. Hasil penilaian diharapkan dapat menjadi rekomendasi dan saran untuk melakukan pengembangan platform omnichannel dalam membantu proses pengiriman digital reminder yang lebih baik dan efisien.

Downloads

Published

2022-11-24

How to Cite

Rismauli, H. ., & Umniati, N. . (2022). Analisis Kualitas Sistem Omnichannel pada PT. BFI Menggunakan Model ISO 25010. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6126–6136. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9268