Home Visit Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smpn 5 Takisung)
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9252Abstract
Kurangnya kedisiplinan yang terjadi di SMP Negeri 5 Takisung membuat Guru BK mengambil langkah dalam mengatasi permasalahan kurangnya kedisiplinan agar tidak terjadi keterlarutan. Langkah yang diambil Guru BK di SMP Negeri 5 Takisung adalah melakukan Home Visit terhadap siswa yang kurang disiplin seperti membolos dan berturut-turut selama tiga hari tidak hadir untuk mengikuti pembelajaran yang diselenggarakan sekolah sekolah baik itu secara daring atau tatap muka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui faktor keberhasilan dari kegiatan pendukung home visit. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif studi kasus. Hasil dari penelitian ini salah satu faktor keberhasilan home visit adalah adanya kerja sama antara guru bk dan orang tua siswa yang membuat home visit ini berhasil mengurangi kurangnya kedisiplinan siswa. Hasil penelitian ini juga dapat menambah wawasan keilmiahan, terutama di bidang home visit, sedangkan bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan sebagai salah satu bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang sejenis serta lebih spesifik menurut aturan yang berlaku dan diharapkan dapat menguji kembali tingkat keefektifan dalam rangka meningkatkan kedisiplinan siswa.Downloads
Published
2022-11-24
How to Cite
Astuti, . M. ., Jarkawi, J., & Haryadi, R. . (2022). Home Visit Sebagai Alternatif Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Smpn 5 Takisung). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 6038–6044. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9252
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Mira Astuti, Jarkawi, Rudi Haryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









