Methods Of Awarding Penalties And Rewards For Learning Achievement Of Grade Viii Smp Panca Budi Medan

Authors

  • Nazrial Amin Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9240

Abstract

Masalah dekadensi kemerosotan  moral telah dirasakan sangat mengglobal seiring dengan tata nilai yang sifatnya mendunia. Dibelahan bumi manapun kerap kali dapat disaksikan berbagai gaya hidup yang bertentangan dengan etika dan nilai agama. Berbagai pendekatan telah dan sedang dilaksanakan untuk menyelamatkan peradaban manusia dari rendahnya perilaku moral. Pentingnya pendidikan akhlak bukan dirasakan oleh masyarakat yang mayoritas penduduknya beragama islam saja, tetapi kini sudah mulai diterapkan berbagai Negara.  Pemberian hukuman atau sanksi pada hakikatnya adalah upaya agar siapapun yang melanggar aturan dapat menghentikan kesalahan dan kembali kepada jalan yang terbaik. Dengan demikian hukuman dengan cara yang berlebihan dan diikuti oleh tindakan kekerasan tidak pernah diinginkan oleh siapapun, apalagi di lembaga pendidikan yang sepatutnya menyelesaikan masalah secara edukatif. Namun tidak bisa ditampik, di lembaga ini ternyata masih sering terjadi tindak kekerasan.bertujuan menemukan gambaran tentang implementasi metode hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MIS GUPPI 11 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sementara pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah: motivasi belajar siswa kelas VIII,  SMP Panca Budi meningkat lebih baik ketika diterapkannya metode hadiah dan hukuman. Terbukti bahwa siswa mengikuti pelajaran dengan semangat baik dalam volume kahadiran, mengemukakan pendapat di depan kelas dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.

Downloads

Published

2022-11-23

How to Cite

Amin , N. . (2022). Methods Of Awarding Penalties And Rewards For Learning Achievement Of Grade Viii Smp Panca Budi Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5962–5973. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9240