Methods Of Awarding Penalties And Rewards For Learning Achievement Of Grade Viii Smp Panca Budi Medan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9240Abstract
Masalah dekadensi kemerosotan moral telah dirasakan sangat mengglobal seiring dengan tata nilai yang sifatnya mendunia. Dibelahan bumi manapun kerap kali dapat disaksikan berbagai gaya hidup yang bertentangan dengan etika dan nilai agama. Berbagai pendekatan telah dan sedang dilaksanakan untuk menyelamatkan peradaban manusia dari rendahnya perilaku moral. Pentingnya pendidikan akhlak bukan dirasakan oleh masyarakat yang mayoritas penduduknya beragama islam saja, tetapi kini sudah mulai diterapkan berbagai Negara. Pemberian hukuman atau sanksi pada hakikatnya adalah upaya agar siapapun yang melanggar aturan dapat menghentikan kesalahan dan kembali kepada jalan yang terbaik. Dengan demikian hukuman dengan cara yang berlebihan dan diikuti oleh tindakan kekerasan tidak pernah diinginkan oleh siapapun, apalagi di lembaga pendidikan yang sepatutnya menyelesaikan masalah secara edukatif. Namun tidak bisa ditampik, di lembaga ini ternyata masih sering terjadi tindak kekerasan.bertujuan menemukan gambaran tentang implementasi metode hadiah dan hukuman dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MIS GUPPI 11 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sementara pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah: motivasi belajar siswa kelas VIII, SMP Panca Budi meningkat lebih baik ketika diterapkannya metode hadiah dan hukuman. Terbukti bahwa siswa mengikuti pelajaran dengan semangat baik dalam volume kahadiran, mengemukakan pendapat di depan kelas dan menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru.Downloads
Published
2022-11-23
How to Cite
Amin , N. . (2022). Methods Of Awarding Penalties And Rewards For Learning Achievement Of Grade Viii Smp Panca Budi Medan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5962–5973. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9240
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nazrial Amin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).