Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Pada Materi Daur Hidup Dan Upaya Pelestarian Makhluk Hidup Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9229Abstract
IPA masih bersifat abstrak, sehingga guru kesulitan dalam menyampaikan seperti materi daur hidup dan upaya pelestarian makhluk hidup di SD. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis powtoon pada materi daur hidup dan upaya pelestarian makhluk hidup kelas IV SD dan mengetahui kelayakannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan metode tes. Hasil penelitian yakni menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis powtoon dan hasil kelayakan berdasarkan nilai rata-rata dari uji validasi ahli media dan materi sebesar 85% dengan kategori sangat valid, hasil respon guru dan peserta didik mendapat presentase sebesar 91% dengan kategori sangat praktis, dan evaluasi hasil belajar peserta didik efektif berdasarkan ketuntasan klasikal. Berdasarkan hal tersebut, maka multimedia pembelajaran interaktif berbasis powtoon materi daur hidup dan upaya pelestariannya kelas IV SD layak digunakan sebagai media pembelajaran SD.Downloads
Published
2022-11-22
How to Cite
Rahayu, E. D. ., Supriyono, S., & Nurhidayati, N. (2022). Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Powtoon Pada Materi Daur Hidup Dan Upaya Pelestarian Makhluk Hidup Kelas IV SD . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5909–5920. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9229
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Endah Dwi Rahayu, Supriyono, Nurhidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









