Strategic Interaction Approach to Promote Speaking Skill
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9179Abstract
Siswa membutuhkan banyak masukan untuk belajar berbicara dengan baik. Salah satu pendekatan untuk memberikan masukan adalah Pendekatan Interaksi Strategis. Penelitian ini mencoba menerapkan pendekatan interaksi strategis untuk meningkatkan keterampilan berbicara, yang terdiri dari empat tahap: persiapan, latihan, kinerja dan pembekalan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Subjek penelitian ini adalah 16 mahasiswa informatika semester I Universitas Panca Marga Probolinggo. Kuesioner dan catatan lapangan digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti menganalisis data untuk menguji: sikap siswa terhadap penerapan pendekatan interaksi strategis dan kondisi kelas selama eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan interaksi strategis mampu meningkatkan keterampilan berbicara. Dilihat dari sikap siswa terhadap pelaksanaan, terdapat 73% siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap eksperimen, 23% siswa memberikan tanggapan negatif dan hanya 4% yang memberikan tanggapan tidak jelas. Melalui catatan lapangan, kondisi kelas selama eksperimen menunjukkan suasana yang positif.Downloads
Published
2022-11-21
How to Cite
Swari, U. R. . (2022). Strategic Interaction Approach to Promote Speaking Skill. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5708–5715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9179
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Utami Ratna Swari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









