Strategic Interaction Approach to Promote Speaking Skill

Authors

  • Utami Ratna Swari Universitas Panca Marga Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9179

Abstract

Siswa membutuhkan banyak masukan untuk belajar berbicara dengan baik. Salah satu pendekatan untuk memberikan masukan adalah Pendekatan Interaksi Strategis. Penelitian ini mencoba menerapkan pendekatan interaksi strategis untuk meningkatkan keterampilan berbicara, yang terdiri dari empat tahap: persiapan, latihan, kinerja dan pembekalan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Subjek penelitian ini adalah 16 mahasiswa informatika semester I Universitas Panca Marga Probolinggo. Kuesioner dan catatan lapangan digunakan untuk mengumpulkan data. Peneliti menganalisis data untuk menguji: sikap siswa terhadap penerapan pendekatan interaksi strategis dan kondisi kelas selama eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan interaksi strategis mampu meningkatkan keterampilan berbicara. Dilihat dari sikap siswa terhadap pelaksanaan, terdapat 73% siswa yang memberikan tanggapan positif terhadap eksperimen, 23% siswa memberikan tanggapan negatif dan hanya 4% yang memberikan tanggapan tidak jelas. Melalui catatan lapangan, kondisi kelas selama eksperimen menunjukkan suasana yang positif.

Downloads

Published

2022-11-21

How to Cite

Swari, U. R. . (2022). Strategic Interaction Approach to Promote Speaking Skill. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5708–5715. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9179