Studi Pendekatan Interaksi Sosial dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Tunas Unggul Bandung
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9177Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis; (1) konsep pembelajaran seni tari melalui pendekatan interaksi sosial, (2) faktor pendukung dalam pembelajaran seni tari melalui pendekatan interaksi sosial, (3) upaya pendekatan interaksi sosial dalam pembelajaran seni tari. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Tunas Unggul Tahun Ajaran 2013/2014 yang terdiri dari siswa kelas VII, yang mempunyai sampel 15 siswa. Data dalam penelitian ini berupa keterampilan menari siswa yang dikumpulkan dengan lembar observasi untuk kerja keterampilan menari dikumpulkan dengan teknik wawancara, dan studi pustaka sebagai instrument untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukan (1) terdapat interaksi sosial dalam konsep pembelajaran seni tari, terdapat perdedaan setelah menggunakan faktor pendukung dalam pembelajaran seni tari seperti indentifikasi, imitasi, simpati, sugesti, empati, (3) peningkatan yang signifikan setelah menggunakan pendekatan interaksi sosial dalam pembelajaran seni tari.Downloads
Published
2022-11-21
How to Cite
Yusup, U. M. . (2022). Studi Pendekatan Interaksi Sosial dalam Pembelajaran Seni Tari di SMP Tunas Unggul Bandung. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5694–5699. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9177
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ujang Maulana Yusup

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









