Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9142Abstract
Pada penelitian yang dilakukan peneliti disini memiliki tujuan melihat pengaruh kecemasan matematika terhadap hasil belajar siswa. Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif, dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan observasi. Populasi penelitian ini siswa kelas XI SMAN 3 Cilegon. Teknik sampel yang digunakan simple random sampling dipilih seluruh kelas XI-MIPA yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 180 siswa. Analisis data yang dipakai adalah teknik analisis inferensial uji pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya terdapat pengaruh negatif (rendah) dan signifikan antara kecemasan matematika dengan hasil belajar kelas XI MIPA di SMAN 3 Cilegon. Dilihat nilai r yaitu sebesar 0,417 dan t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 6,112 > 1,973 dengan taraf signifikansi 5%. Hal ini dapat diartikan pula apabila seorang siswa memiliki motivasi belajar dengan kategori tinggi, maka akan semakin rendah hasil belajar yang didapatkan siswa. Hal ini juga berlaku sebaliknya.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Rahma, N. A. ., & Sudiana, R. . (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5458–5466. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9142
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Novia Afika Rahma, Ria Sudiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









