Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9127Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD N 091563 AFD II Pagar Jawa Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa, teknik pengumpulan data adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD N 091563 AFD II Pagar Jawa. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) memiliki nilai rata-rata 38 sedangkan setelah diberikan perlakuan model Team Games Tournament (posttest) memiliki nilai rata-rata 79. Ditemukan juga hasil dari uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test terlihat nilai thitung > ttabel yaitu 16,839 > 2,045 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD N 091563 AFD II Pagar Jawa.Downloads
Published
2022-11-20
How to Cite
Samosir, I. J. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Team Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SDN 091563 AFD II Pagar Jawa . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5313–5322. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9127
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Irfan Josuwandi Samosir, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).