Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Layanan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Provinsi Jambi

Authors

  • Shobari Shobari UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Mukhtar Mukhtar UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Martinis Yamin UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9104

Abstract

Urgensi terhadap lembaga pendidikan madrasah hingga saat ini masih tetap kuat dan dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia bahkan cenderung meningkat, terutama masyarakat yang ingin memberikan jenis pendidikan yang bercorak agamis sekaligus pendidikan umum kepada anak-anak mereka. Ini juga dimungkinkan bahwa madrasah memang telah sejak lama memiliki kontribusi dalam dunia pendidikan kita. Perkembangan madrasah tidak lepas dari layanan tenaga kependidikan di madrasah yang dapat dijelaskan sebagai suatu bentuk pemberian pelayanan (melayani) keperluan warga madrasah yang mempunyai kepentingan pada madrasah tersebut, dimana seorang kepala madrasah yang merupakan pemimpin di lingkungan madrasah, bertanggungjawab penuh terhadap apa yang dipimpinnya; kemajuan sekolah, ketertibannya, kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan serta anak didiknya, merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang kepala madrasah. Salah satu tugas inti kepala madrasah adalah menjadi supervisor bagi guru dan tenaga kependidikan. Supervisi memiliki kedudukan sentral dalam upaya pembinaan dan pengembangan kegiatan kerjasama dalam suatu organisasi apapun. Lembaga pendidikan madrasah sebagai salah satu bentuk organisasi tentunya tidak dapat melepaskan diri dari kegiatan supervisi. Dalam  lingkungan madrasah akan terlibat sejumlah manusia baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan  yang harus bekerja sama dan saling berinteraksi dalam mencapai tujuan madrasah di bawah kepemimpinan seorang Kepala Madrasah

Downloads

Published

2022-11-19

How to Cite

Shobari, S., Mukhtar, M., & Yamin, M. . (2022). Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Layanan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5182–5198. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9104