Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Layanan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Provinsi Jambi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9104Abstract
Urgensi terhadap lembaga pendidikan madrasah hingga saat ini masih tetap kuat dan dibutuhkan oleh masyarakat di Indonesia bahkan cenderung meningkat, terutama masyarakat yang ingin memberikan jenis pendidikan yang bercorak agamis sekaligus pendidikan umum kepada anak-anak mereka. Ini juga dimungkinkan bahwa madrasah memang telah sejak lama memiliki kontribusi dalam dunia pendidikan kita. Perkembangan madrasah tidak lepas dari layanan tenaga kependidikan di madrasah yang dapat dijelaskan sebagai suatu bentuk pemberian pelayanan (melayani) keperluan warga madrasah yang mempunyai kepentingan pada madrasah tersebut, dimana seorang kepala madrasah yang merupakan pemimpin di lingkungan madrasah, bertanggungjawab penuh terhadap apa yang dipimpinnya; kemajuan sekolah, ketertibannya, kedisiplinan tenaga pendidik dan kependidikan serta anak didiknya, merupakan sebuah tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang kepala madrasah. Salah satu tugas inti kepala madrasah adalah menjadi supervisor bagi guru dan tenaga kependidikan. Supervisi memiliki kedudukan sentral dalam upaya pembinaan dan pengembangan kegiatan kerjasama dalam suatu organisasi apapun. Lembaga pendidikan madrasah sebagai salah satu bentuk organisasi tentunya tidak dapat melepaskan diri dari kegiatan supervisi. Dalam lingkungan madrasah akan terlibat sejumlah manusia baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan yang harus bekerja sama dan saling berinteraksi dalam mencapai tujuan madrasah di bawah kepemimpinan seorang Kepala MadrasahDownloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Shobari, S., Mukhtar, M., & Yamin, M. . (2022). Supervisi Kepala Madrasah dalam Peningkatan Layanan Tenaga Kependidikan di Madrasah Aliyah Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5182–5198. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9104
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Shobari, Mukhtar, Martinis Yamin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









