Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V pada Sub Tema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernafasan Manusia SDN 122345 Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9092Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa Pada tema 2 Udara Bersih bagi Kesehatan Subtema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernafasan Manusia pada pembelajaran 1, 2 dan 3 di kelas V SDN 122345 Pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif analitik dengan tujuan untuk menganalisis data sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 28 siswa. Hasil uji hipotesis (uji-t) kelompok eksperimen diperoleh nilai signifikansi sig.(2-tailed) adalah 0,000 sehingga lebih kecil dari 0,005 dan ini mengartikan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa pada subtema memelihara organ pernafasan.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Sibarani, L. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division terhadap Hasil Belajar Siswa kelas V pada Sub Tema 3 Memelihara Kesehatan Organ Pernafasan Manusia SDN 122345 Pematangsiantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5110–5119. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9092
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Lisma Sibarani, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).