Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9091Abstract
Penelitian ini bertujuan (1.untuk mengetahui ada atau tidak Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersaman Dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, yaitu jenis pre Eksperimental Design. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yaitu jenis One Group Pretest-Posttest Design. Dengan penelitian ini, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan (treatment) dan sesudah diberi perlakuan. dengan populasi penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 091522 Marubun JayaT.A 2021/2022. Insturumen yang digunakan adalah Pretest-Posttest dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dan Memberikan posttest untuk mengukur variabel terikat setelah perlakuan dilakukan. Data analisis menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0,05 menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Sub Tema Kebersamaan Dalam Keberagamandengan perolehan koefisien regresi bernilai positif sebesar0,068.Downloads
Published
2022-11-19
How to Cite
Tanjung, N. ., Purba, N. A. ., & Sihombing, L. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman Kelas IV SD Negeri 091522 Marubun Jaya . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5101–5109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9091
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Narana Tanjung, Nancy Angelia Purba, Lisbet Sihombing
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).