Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9049Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang kegiatan Peningkatan Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Indonesia Playschool Pendekatan Penelitian adalah Tindakan kelas,Subjek Penelitian sebanyak 10 siswa, sampel penelitian adalah sama dengan jumlah populasi siswa sebanyk 10 siswa . metode penelitian dengan model Kemmis dan Taggart, terdiri dari dua siklus yang setiap siklus terdapat empat tahap yaitu 1.perencanaan, 2.Tindakan, 3.observasi dan 4. refleksi. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara observasi , dan Dokumntasi Teknik analisis data yang di gunakan adalah analisis Deskriptif Persentatif. Hasil penelitian yang di lakukan menunjukan pada kegiatan finger painting dapat meningkatkan aspek motorik halus anak, dengan hasil awal observasi sebesar 30% , siklus I 60% , siklus II 95%, sehingga dalam penelitian Tindakan kelas yang di lakukan dengan kegiatan finger painting dapat meningkatan motorik halus pada anak usia dini.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Natalia, D. ., & Kurniawaty, L. . (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Keaksaraan melalui Metode Fonik Anak Usia 5-6 Tahun di TK Indonesia Playschool. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4948–4956. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9049
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Diana Natalia, Lia Kurniawaty
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).