Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Siswa Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9018Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnyah hasil belajar subtema pentingnya udara bersih bagi kesehatan siswa kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Hal ini terlihat jelas dari hasil belajar isiwa masih tergolong rendah atau masih dibawah standar kriteria ketuntasan minimal dikarenakan model pembelajaran selama ini yang dipakai guru sangat monoton dan tidak menarik perhatian siswa sehingga mengakibatkan peserta didik mudah bosan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode The One group Pretest-Posttest Design dengan melibatkan variabel bebas yaitu model pembelajaran discovery learning dan variabel terikat hasil belajar siswa kelas V Pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas V SD berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan non-parametrik uji Smirnoff menggunakan SPSS 24 dapat disimpulkan bahwa nilai sign 0,000 yang berarti data kurang dari alpha (0,05) adalah Ha diterima, dan dari hasiluji hipotesis 5,905>2,045 sehingga diketahui ada pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar subtema 2 pentingnya udara bersih bagi pernapasan di kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Sinaga, . Y. S. M. P. ., Purba, N. ., & Panjaitan, . M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Subtema 2 Pentingnya Udara Bersih bagi Pernapasan Siswa Kelas V SD Negeri 091522 Marubun Jaya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4738–4747. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9018
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yustina Sihol Marito Primaria Sinaga , Natalina Purba, Muktar Panjaitan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).