Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di Kelas SDN 091316 Unggulan Pematang Raya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9017Abstract
Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di kelas V SDN 091316 Unggulan Pematangraya Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif karena masalah yang dibawa berhubungan jelas dengan data penelitian berupa fakta yang dibuktikan melalui angka-angka serta fakta yang terjadi dilapangan melalui observasi dan analisis menggunakan ststistik. Populasi penelitian sebanyak 51siswa. Sampel sebanyak 26 siswa. Variabel dalam penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Mind Mapping (X) dan hasil belajar (Y). Metode pengumpulan data berupa tes yaitu dengan quasi eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan untuk data pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping dengan jumlah sampel 26 orang kemudian didapat jumlah nilai pretest 1146 dengan ratarata nilai 44,08 dan nilai tertinggi yang didapat 73 dan terendah 0. Setelah dilakukan perlakuan maka hasil posttest didapat jumlah nilai 2139, dengan rata-rata 82,27 dan nilai tertinggi yang didapatkan100 dan terendah 60 Dari perhitungan uji hipotesis dengan uji t hasil yang diperoleh nilai t sebesar 15,024 ? 1,676 Nilai signifikansi sebesar 0,00 dengan probilitas < 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan adanya pengaruh model mind mapping terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik subtema 2 “Manusia dan Lingkungan” di SD Negeri 091316 Unggulan Pematangraya.Downloads
Published
2022-11-18
How to Cite
Sipayung, E. F. S. ., Napitupulu, R. P. ., & Sijabat, D. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manusia dan Lingkungan di Kelas SDN 091316 Unggulan Pematang Raya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4728–4737. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9017
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ewis Feronika Septian Sipayung, Rio Parsaoran Napitupulu, Desi Sijabat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).