Pendampingan Analisis Swot di IKM Alumunium Sorosutan

Authors

  • Fegi Wulan Ayuningrum Universitas Ahmad Dahlan
  • Sumaryanto Sumaryanto Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9012

Abstract

Di Era modern ini kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah tidak lepas dari laporan keungan dan pemasaran yang baik. Pemasaran menggunakan media sosial saat ini sangat diperlukan seperti Facebook, Youtube, Whatshapp dan lain sebagainya. Untuk promosi itu sendiri tidak hanya langsung bertatap muka tetapi bisa menggunakan iklan atau video promosi. Video promosi dalam dunia bisnis sangat berpeluang besar bagi bisnis mereka. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan berfokus pada UMKM yang bergerak dalam bidang jasa dan produksi alumunium di kampung Kranon, Nitikan, Sorosutan, Yoyakarta. UMKM yang menjadi mitra pengabdian ini sudah sangat lama berdiri di Kelurahan Sorosutan, yaitu kurang lebih dari 27 tahun. Namun, dalam kegiatan pembukuan, laporan keuangan, pemasaran dan perkembangan UMKM masih sangat minim. Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan agar pelaku UMKM memahami tentang pentingnya laporan keuangan, digital marketing dan Analisis SWOT. Sehingga para pelaku usaha diharapkan dapat mengembangkan usahanya melalui hal tersebut. Bedasarkan hal tersebut maka UMKM perlu diberikan pendampingan mengenai Analisis SWOT salah satu saran bagi UMKM yang sangat diperlukan untuk perkembangan KM Aluminium dan akan memberikan pendampingan tentang manfaat laporan keuangan dan digital marketing. Pendampingan ini dilakukan untuk pemilik UMKM dan bagian keungan UMKM. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada periode KKN ini.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Ayuningrum, F. W. ., & Sumaryanto, S. (2022). Pendampingan Analisis Swot di IKM Alumunium Sorosutan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4678–4682. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9012