Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9004Abstract
Pendidikan merupakan salah satu isu krusial di Indonesia. Hal ini disebabkan berbagai kendala seperti guru yang tidak ahli di bidangnya dan tenaga pendidik yang tidak memiliki gelar sarjana. Pendidik memiliki peran yaitu menciptakan generasi penerus bangsa yang berdaya saing tinggi. Setiap organisasi pendidikan memiliki, sebagai salah satu tujuan utamanya, peningkatan standar keseluruhan dari pengalaman pendidikan. Dalam hal penyelenggaraan lembaga pendidikan, keputusan diambil berdasarkan beberapa aspek pendidikan, salah satunya adalah instruktur (pengajar). Karena mereka memiliki kekuatan untuk menumbuhkan generasi warga negara yang berpengetahuan, guru merupakan komponen penting dari sistem pendidikan. Penggunaan praktik manajemen yang baik mengungkapkan perbedaan yang jelas dalam konseptualisasi kursus dan program yang disediakan oleh lembaga pendidikan yang unggul. Kajian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pemahaman tentang karakteristik pendidik, serta perencanaan, rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan, evaluasi kinerja, dan penggajian. Selain itu perlu ditentukan unsur-unsur yang mendukung dan menghambat peningkatan mutu pendidikan, serta hasil yang telah diperoleh dari pengelolaan pendidik. Kajian ini didasarkan pada pengertian manajemen tenaga pendidik, yang meliputi komponen-komponen sebagai berikut: perencanaan, rekrutmen, seleksi, penempatan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja, dan remunerasi tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif sebagai metodologi penelitian. Pendekatan pengumpulan data dilakukan melalui teknik studi dokumen. Sementara itu, interpretasi deskriptif digunakan saat melakukan analisis data.Downloads
Published
2022-11-17
How to Cite
Murtafiah , . N. H. . (2022). Manajemen Pengendalian Kinerja Pendidik dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Lembaga Pendidikan Islam . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4613–4618. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9004
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Nurul Hidayati Murtafiah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









