Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8995Abstract
Penelitian ini dilakukan didasarkan oleh permasalahan siswa kelas I masih banyak yang mengeja dengan lambat dalam membaca dan belum lancar membaca dengan baik serta media pembelajaran yang tepat untuk siswa yang belum bisa membaca lancar belum dikembangkan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran flash card untuk mengetahui secara detail cara membuat media flash card serta meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas I SD dan untuk mengetahui secara pasti seberapa tinggi tingkat kelayakan media flash card untuk meningkatkan kemampuan membaca lancar siswa kelas I SD. Subjek penelitian ini antara lain: Dua dosen sebagai validator ahli materi dan media pembelajaran flash card, guru kelas I dan siswa kelas I . Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluasi). Desain yang digunakan adalah studi pendahuluan dan uji terbatas. Teknik pengumpulan data angket dan instrumen berupa angket validasi ahli materi, angket validasi ahli media, angket validasi respon guru kelas I, angket validasi respon siswa kelas I dan angket tes lisan siswa kelas I. Data yang telah diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif presentase dan kategori untuk menentukan nilai kevalidan dan kelayakan media pembelajaran flash card yang telah dikembangkan. Pada hasil uji validasi ahli media memperoleh nilai 87% dengan kategori sangat tinggi, aspek validasi uji ahli materi memperoleh skor 90% dengan kategori sangat tinggi, aspek respon guru memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat tinggi, aspek respon 9 siswa kelas I memperoleh nilai 100% dengan kategori sangat tinggi dan aspek tes lisan siswa kelas I memperoleh nilai 94,4% dengan kategori sangat tinggi.Downloads
Published
2022-11-17
How to Cite
Pratama, . A. P. ., & Hardini, A. T. A. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Lancar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4570–4579. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8995
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aldo Putra Pratama, Agustina Tyas Asri Hardini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).