Pengembangan Aplikasi Edukasi Literasi Asik “Lasik” Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Inklusif

Authors

  • Aletha Gloria Latunussa Universitas Kristen Satya Wacana
  • Gamaliel Septian Airlanda Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8973

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi edukasi mengenai literasi dasar. Aplikasi ini diperuntukan bagi siswa kelas rendah sekolah dasar inklusif guna mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Menurut hasil studi pendahuluan, mengajar Bahasa Indonesia dan literasi di SD Tumbuh 3 memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal ini didukung dengan data observasi penelitian yang didapat bahwa terdapat dua siswa yang belum bisa membaca dan empat siswa yang masih lambat membaca di kelas Lower B, serta dua siswa yang belum bisa membaca di kelas Lower A. Peneliti bermaksud mengembangkan aplikasi edukasi LASIK (Literasi Asik) ini dengan tujuan meningkatkan motivasi peserta didik dalam berliterasi. Model penelitian yang digunakan yaitu Four-D yang meliputi Define, Design, Develop, and Disseminate. Pada tahap uji ahli diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Persentase uji validasi ahli bahasa sebesar 79,23%, 2) Persentase uji validasi ahli media 87%, 3) Persentase uji validasi ahli materi sebesar 87,27%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi edukasi Literasi Asik “LASIK” berbasis android sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas rendah sekolah dasar inklusif ini layak digunakan untuk menunjang pembelajaran literasi Bahasa Indonesia di sekolah dasar inklusif.

Downloads

Published

2022-11-17

How to Cite

Latunussa, A. G. ., & Airlanda, G. S. . (2022). Pengembangan Aplikasi Edukasi Literasi Asik “Lasik” Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Inklusif . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4504–4512. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8973