Pengembangan Aplikasi Edukasi Literasi Asik “Lasik” Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Inklusif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8973Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa aplikasi edukasi mengenai literasi dasar. Aplikasi ini diperuntukan bagi siswa kelas rendah sekolah dasar inklusif guna mengetahui tingkat kelayakan media yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development). Menurut hasil studi pendahuluan, mengajar Bahasa Indonesia dan literasi di SD Tumbuh 3 memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Hal ini didukung dengan data observasi penelitian yang didapat bahwa terdapat dua siswa yang belum bisa membaca dan empat siswa yang masih lambat membaca di kelas Lower B, serta dua siswa yang belum bisa membaca di kelas Lower A. Peneliti bermaksud mengembangkan aplikasi edukasi LASIK (Literasi Asik) ini dengan tujuan meningkatkan motivasi peserta didik dalam berliterasi. Model penelitian yang digunakan yaitu Four-D yang meliputi Define, Design, Develop, and Disseminate. Pada tahap uji ahli diperoleh hasil sebagai berikut: 1) Persentase uji validasi ahli bahasa sebesar 79,23%, 2) Persentase uji validasi ahli media 87%, 3) Persentase uji validasi ahli materi sebesar 87,27%. Berdasarkan hasil uji validasi ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran aplikasi edukasi Literasi Asik “LASIK” berbasis android sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa kelas rendah sekolah dasar inklusif ini layak digunakan untuk menunjang pembelajaran literasi Bahasa Indonesia di sekolah dasar inklusif.Downloads
Published
2022-11-17
How to Cite
Latunussa, A. G. ., & Airlanda, G. S. . (2022). Pengembangan Aplikasi Edukasi Literasi Asik “Lasik” Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas Rendah Sekolah Dasar Inklusif . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4504–4512. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8973
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Aletha Gloria Latunussa, Gamaliel Septian Airlanda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).