Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Model Countenance Stake di SMPIT Darul Barokah Kota Depok
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8921Abstract
Evaluasi program adalah sebuah proses atau kegiatan suatu program yang memiliki tujuan untuk mengumpulkan informasi tentang realisasi dari suatu kebijakan dengan sekelompok orang secara sistematis. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan dan penerapan evaluasi program Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan evaluasi model Countenance Stake di SMPIT Darul Barokah Kota Depok. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian evaluatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Dalam tahapan perencanaan, tujuan dan sasaran program Tahfidz Al-Qur’an sudah masuk kategori baik yaitu memiliki tujuan untuk menjadikan diri siswa menjadi manusia yang terbaik dengan menanamkan nilai-nilai Qur’ani. (2) Dalam tahapan proses, menunjukkan bahwa jadwal pelaksanaan diadakan setiap hari Rabu dan Kamis, target hafalan yaitu 1-3 Juz, proses bimbingan yaitu dengan menyetorkan hafalan setiap harinya 4 baris dan dapat dikategorikan baik, tetapi dalam pencapaian target tidak semua siswa dapat mencapai target hingga 3 Juz. (3) Dalam tahapan hasil yang diperoleh, menunjukkan hasil dan dampak dari program Tahfidz dapat dikategorikan baik. Dan adapun capaian hafalan siswa yang diatas 1 Juz ada 7,7%, 1 Juz sebanyak 59%, dan dibawah 1 Juz ada 33,3%.Downloads
Published
2022-11-16
How to Cite
Azizah, Y. ., & Lisnawati, S. . (2022). Evaluasi Program Tahfidz Al-Qur’an dengan Menggunakan Model Countenance Stake di SMPIT Darul Barokah Kota Depok. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4210–4215. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8921
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yusriyah Azizah, Santi Lisnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









