Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8911Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran MEA (means ends analysis) dan terhadap hasil belajar siswa kelas IV dalam pelajaran tematik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang dimana design penelitian adalah one group pretest- posttest design penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X Model p embelajaran MEA dan variabel Y adalah hasil belajar tematik siswa. Populasi penelitian ini seluruh siswa UPTD SD Negeri 121308 Pematang Siantar yang berjumlah 229 siswa, sedangkan sampel penelitian ini siswa kelas IV UPTD SD Negeri 121308 Pematang Siantar berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari skor pretest dan posttest diketahui perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran MEA (means ends analysis) terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari thitung .> ttabel (4,1528 > 2,0422). Maka kesimpulan dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode MEA (means ends analysis) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Tematik siswa kelas IV UPTD SD Negeri 121308 Pematang Siantar.Downloads
Published
2022-11-16
How to Cite
Siregar, J. W. ., Purba, N. ., & Simarmata, R. . K. . (2022). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan Kelas V . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4137–4148. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8911
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Juni Wanti Siregar, Natalina Purba, Radode Kristianto Simarmata
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).