Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pkn Kelas V SD

Authors

  • Fadilah Fadilah Universitas PGRI PALEMBANG
  • Adrianus Dedy Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Putri Dewi Nurhasana Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap prestasi belajar PKn kelas V SDN 1 Pampangan. Penelitian ini adalah jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V A dan V B SD Negeri 1 Pampangan yang berjumlah 52 siswa. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling total yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel semua. Sampel dalam penelitian ini terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dimana kelompok eksperimen berjumlah 26 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan indentpenden sampel t-test.Taraf signifikan dalam penelitian ini adalah 0,05 atau taraf kepercayaannya 95%. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan lingkungan belajar yang bersih dan baik memperoleh rata-rata posttest. jumlah posttest 85,42 dengan mempunyai rata-rata kelas eksperimen posttest sebesar 2.221 dan kelas kontrol posttest berjumlah 78,77 rata-rata posttest dalam kelas kontrol berjumlah 2.048.  Hasil uji T dengan ttabel 0.388 diperoleh thitung 0,76 dapat disimpulkan bahwa  thitung > ttabel yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap lingkungan belajar terhadap prestasi belajar PKn kelas V SDN 1 Pampangan

Downloads

Published

2022-11-18

How to Cite

Fadilah, F., Dedy, A. ., & Nurhasana, P. D. . (2022). Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pkn Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 4957–4962. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8902