Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V

Authors

  • Abigail Anugerah Pascha Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Elvira Hoesein Radia Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8869

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif berdasarkan penilaian dari validator materi, validator media, dan validator karakteristik media 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V setelah menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di SD N Tingkir Lor 2 Kota Salatiga pada bulan September 2022. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis statistik deskriptif digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penilaian kelayakan media pembelajaran menurut validator media diperoleh persentase sebesar 93% dan dikategorikan “Sangat Baik”. Penilaian kelayakan karakteristik media pembelajaran menurut validator karakteristik media pembelajaran diperoleh persentase 76% dan dikategorikan “Baik”. Penilaian kelayakan pembelajaran menurut validator materi diperoleh persentase sebesar 93% dan dikategorikan “Sangat Baik”. Selain itu, media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran diperoleh persentase 73% dan dikategorikan “Kuat” kemudian meningkat menjadi 86% dan dikategorikan “Sangat Kuat” setelah menggunakan media pembelajaran.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Pascha, A. A. ., & Radia, E. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3957–3970. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8869