Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8869Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis PowerPoint interaktif berdasarkan penilaian dari validator materi, validator media, dan validator karakteristik media 2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa kelas V setelah menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang dilakukan di SD N Tingkir Lor 2 Kota Salatiga pada bulan September 2022. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah kuesioner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan skala likert. Analisis statistik deskriptif digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint layak digunakan sebagai media pembelajaran. Penilaian kelayakan media pembelajaran menurut validator media diperoleh persentase sebesar 93% dan dikategorikan “Sangat Baik”. Penilaian kelayakan karakteristik media pembelajaran menurut validator karakteristik media pembelajaran diperoleh persentase 76% dan dikategorikan “Baik”. Penilaian kelayakan pembelajaran menurut validator materi diperoleh persentase sebesar 93% dan dikategorikan “Sangat Baik”. Selain itu, media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pembelajaran sebelum menggunakan media pembelajaran diperoleh persentase 73% dan dikategorikan “Kuat” kemudian meningkat menjadi 86% dan dikategorikan “Sangat Kuat” setelah menggunakan media pembelajaran.Downloads
Published
2022-11-15
How to Cite
Pascha, A. A. ., & Radia, E. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Powerpoint Interaktif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3957–3970. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8869
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Abigail Anugerah Pascha,Elvira Hoesein Radia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









