Pengembangan Media Komtrik (Komik Elektronik) Untuk Meningkatakan Minat Membaca Siswa Kelas V SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8865Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Komtrik (Komik elektronik) untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas V SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model desain pengembangan ASSURE yang terdiri dari 6 tahapan, yaitu: analyz learner, state objectivitas, select method & media or materials, utilize media and materials, require learner participation, dan evaluate and revise. Penelitian ini hanya sampai pada tahap validasi ahli, instrumen yang digunakan untuk mendapatkan data kevalidan media antara lain: lembar validasi materi, lembar validasi media, dan lembar validasi desain pembelajaran. Berdasarkan uji validasi ahli materi diperoleh skor 74 dengan presentase sebesar 78% dengan kriteria baik, validasi ahli media memperoleh skor 33 dengan presentase sebesar 83% dengan kriteria sangat baik, dan validasi ahli desain pembelajaran skor 72 dengan presentase sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran Komtrik layak digunakan untuk meningkatkan minat membaca siswa kelas V SD.Downloads
Published
2022-11-15
How to Cite
Pratiwi, . N. ., & Astuti, S. . (2022). Pengembangan Media Komtrik (Komik Elektronik) Untuk Meningkatakan Minat Membaca Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3935–3944. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8865
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Niken Pratiwi Suhandi Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).