Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa SMK Pgri 3 Salatiga

Authors

  • Praptiningsih Praptiningsih Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI
  • Sri Widayati Universitas Darul Ulum Islamic Center Sudirman GUPPI
  • Sri Suwartiningsih Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8828

Abstract

Tujuan penelitian yaitu bagaimanakah peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa, dan bagaiamanakah langkah- langkah yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa, dan langkah-langkah yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa adalah membimbing, mempersiaplan warga negara yang cerdas, menanamkan sikap tanggung jawab, menenamkan sikap beradan, dan membentuk akhlak yang baik; dan Langkah-langkah Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa adalah menggunakan langkah Preventif, yaitu dengan memberi teladan untuk mematuhi tata tertib sekolah, berpakaian rapi/baju dimasukkan, bertutur kata sopan, dan menyuruh siswa untuk rajin belajar, mengerjakan pekerjaan rumah/PR. Kuratif dengan membimbing siswa untuk menaati peraturan dan tata tertib yang belaku, memberikan hukuman atas pelanggaran yang dilakuakn oleh siswa. Represif dengan berusaha untuk menciptakan kepribadian yang mantap, serasi dan dewasa serta mempersiapkan siswa untuk menjadi dewasa dan berkepribadian kuat.

Downloads

Published

2022-11-15

How to Cite

Praptiningsih, P., Widayati, S. ., & Suwartiningsih, S. . (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa SMK Pgri 3 Salatiga. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3805–3817. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8828