Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa SMK Pgri 3 Salatiga
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8828Abstract
Tujuan penelitian yaitu bagaimanakah peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa, dan bagaiamanakah langkah- langkah yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa, dan langkah-langkah yang dilakukan guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam menanggulangi kenakalan siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa adalah membimbing, mempersiaplan warga negara yang cerdas, menanamkan sikap tanggung jawab, menenamkan sikap beradan, dan membentuk akhlak yang baik; dan Langkah-langkah Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa adalah menggunakan langkah Preventif, yaitu dengan memberi teladan untuk mematuhi tata tertib sekolah, berpakaian rapi/baju dimasukkan, bertutur kata sopan, dan menyuruh siswa untuk rajin belajar, mengerjakan pekerjaan rumah/PR. Kuratif dengan membimbing siswa untuk menaati peraturan dan tata tertib yang belaku, memberikan hukuman atas pelanggaran yang dilakuakn oleh siswa. Represif dengan berusaha untuk menciptakan kepribadian yang mantap, serasi dan dewasa serta mempersiapkan siswa untuk menjadi dewasa dan berkepribadian kuat.Downloads
Published
2022-11-15
How to Cite
Praptiningsih, P., Widayati, S. ., & Suwartiningsih, S. . (2022). Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa SMK Pgri 3 Salatiga. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3805–3817. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8828
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Praptiningsih, Sri Widayati, Sri Suwartiningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).