Problem-Based Learning Model And The Influence On The Outcome And Learning Satisfaction Of Elementary School Students In Tomohon City
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8807Abstract
Guru memegang posisi penting untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan melalui penerapan model pembelajaran. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah pembelajaran yang menghadirkan situasi nyata dan bermakna yang menjadi dasar penyelidikan dan inkuiri siswa. Penerapan model kolaboratif berbasis masalah yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran dapat menimbulkan kepuasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kepuasan dan hasil belajar siswa sekolah dasar di kota Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran berbasis masalah, variabel terikat terdiri dari hasil belajar dan kepuasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil belajar terdapat perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok sebesar 4,262 dan diketahui nilai signifikansi p-level sebesar 0,091 yang lebih besar dari 0,05 (p>0,05). Sedangkan pada kepuasan belajar nilai signifikansi p-level adalah 0,088 yang lebih besar dari 0,05 (p>0,05).Downloads
Published
2022-11-14
How to Cite
Rorimpandey, W. H. . (2022). Problem-Based Learning Model And The Influence On The Outcome And Learning Satisfaction Of Elementary School Students In Tomohon City. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3598–3605. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8807
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Widdy HF Rorimpandey

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









