Problem-Based Learning Model And The Influence On The Outcome And Learning Satisfaction Of Elementary School Students In Tomohon City

Authors

  • Widdy HF Rorimpandey Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8807

Abstract

Guru memegang posisi penting untuk menciptakan suasana belajar yang aktif dan menyenangkan melalui penerapan model pembelajaran. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) adalah pembelajaran yang menghadirkan situasi nyata dan bermakna yang menjadi dasar penyelidikan dan inkuiri siswa. Penerapan model kolaboratif berbasis masalah yang melibatkan siswa aktif dalam pembelajaran dapat menimbulkan kepuasan belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kepuasan dan hasil belajar siswa sekolah dasar di kota Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran berbasis masalah, variabel terikat terdiri dari hasil belajar dan kepuasan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil belajar terdapat perbedaan nilai rata-rata kedua kelompok sebesar 4,262 dan diketahui nilai signifikansi p-level sebesar 0,091 yang lebih besar dari 0,05 (p>0,05). Sedangkan pada kepuasan belajar nilai signifikansi p-level adalah 0,088 yang lebih besar dari 0,05 (p>0,05).

Downloads

Published

2022-11-14

How to Cite

Rorimpandey, W. H. . (2022). Problem-Based Learning Model And The Influence On The Outcome And Learning Satisfaction Of Elementary School Students In Tomohon City. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3598–3605. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8807