\Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas V SDN 124405 Pematangsiantar

Authors

  • Indah Flora Novidia Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Suprapto Manurung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rio Parsaoran Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8763

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh model pembelajran picture and picture terhadap hasil belajar siswa pada tema 5 subtema  1 komponen ekosistem dikelas V SD Negeri 124405 pematangsiantar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Dengan bentuk pre-experimental design. Setelah melihat jumlah populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa.. Hasil dari pengujian hipotesis penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan pada penelitian ini dari data yang sudah di ujikan datanya dapat dilihat sig (2 tailend) 0,5 maka Ha di terima dan Ho ditolak, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Picture And Picture lebih meningkat. Terdapat perubahan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture yaitu siswa lebih aktif berfikir dan belajar dalam mengidentifikasi materi yang di sajikan dalam bentuk gambar, serta meningkatkan minat belajar dan rasa ingin tahu siswa untuk mengidentifikasi gambar apa yang disajikan dalam materi yang disampaikan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat penggunaan Model pembelajaran picture and picture Terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari peningkatan nilai rata- rata hasil belajar di kelas V SDN 124405 Pematangsiantar.

Downloads

Published

2022-11-13

How to Cite

Sirait, I. F. N. ., Manurung, S. ., & Napitupulu, R. P. . (2022). \Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture terhadap Hasil Belajar Siswa pada Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 di Kelas V SDN 124405 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3419–3430. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8763