Problematika Pembelajaran Bahasa Inggris Hukum

Authors

  • Ruwaiza Sasmita Universitas Merangin
  • Angra Melina Universitas Merangin
  • Kusaimah Kusaimah Universitas Merangin

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8705

Abstract

4 Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mendeskripsikan  problematika pada pembelajaran bahasa Inggris Hukum. Bahasa Inggris Hukum, atau juga dikenal dengan English for Legal Purposes (ELP) sama seperti ESP lainnya dimana membutuhkan pendekatan khusus dalam mempelajarinya. Penelitian ini tergolong field research dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan atau observasi dan teknik wawancara dan teknik purposive sampling dipilih untuk menentukan partisipan pada penelitian ini. Permasalahan umum yang muncul dalam penelitian ini dapat diklasifikasi menjadi dua bagian, yaitu lingustik dan non-linguistik. Problematika linguistik yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris Hukum diakibatkan oleh karakteristik bahasa Inggris itu sendiri sebagai bahasa asing. Kesulitan yang dihadapi partisipan tampak pada kurangnya penguasaan vocabulary, pronunciation, speaking dan grammar.Kemudian problem atau permasalahan non linguistik yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris Hukum adalah kurangnya motivasi peserta didik serta keberagaman kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Sehingga menjadi suatu tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik dalam menjembatani kebutuhan setiap peserta didik  agar mencapai tujuan pembelajaran.

Downloads

Published

2022-11-12

How to Cite

Sasmita, R. ., Melina, A. ., & Kusaimah, K. . (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Inggris Hukum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8705