Problematika Pembelajaran Bahasa Inggris Hukum
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8705Abstract
4 Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan problematika pada pembelajaran bahasa Inggris Hukum. Bahasa Inggris Hukum, atau juga dikenal dengan English for Legal Purposes (ELP) sama seperti ESP lainnya dimana membutuhkan pendekatan khusus dalam mempelajarinya. Penelitian ini tergolong field research dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik pengamatan atau observasi dan teknik wawancara dan teknik purposive sampling dipilih untuk menentukan partisipan pada penelitian ini. Permasalahan umum yang muncul dalam penelitian ini dapat diklasifikasi menjadi dua bagian, yaitu lingustik dan non-linguistik. Problematika linguistik yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris Hukum diakibatkan oleh karakteristik bahasa Inggris itu sendiri sebagai bahasa asing. Kesulitan yang dihadapi partisipan tampak pada kurangnya penguasaan vocabulary, pronunciation, speaking dan grammar.Kemudian problem atau permasalahan non linguistik yang dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa Inggris Hukum adalah kurangnya motivasi peserta didik serta keberagaman kemampuan berbahasa Inggris peserta didik. Sehingga menjadi suatu tantangan tersendiri bagi tenaga pendidik dalam menjembatani kebutuhan setiap peserta didik agar mencapai tujuan pembelajaran.Downloads
Published
2022-11-12
How to Cite
Sasmita, R. ., Melina, A. ., & Kusaimah, K. . (2022). Problematika Pembelajaran Bahasa Inggris Hukum. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3200–3206. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8705
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ruwaiza Sasmita, Angra Melina, Kusaimah Kusaimah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









