Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SDN 177072 Halado
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8690Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SD N 177072 Halado Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Pre-Experimental dengan rancangan penelitian One group pretest posttest design. Sampel penelitian ini berjumlah 30 siswa, teknik pengumpulan data adalah tes. Bersadasarkan hasil penelitian dan analisis data dan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SD N 177072 Halado. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan (pretest) memiliki nilai rata-rata 52,43 sedangkan setelah diberikan perlakuan model Discovery Learning (posttest) memiliki nilai rata-rata 82,67. Ditemukan juga hasil dari uji hipotesis menggunakan Paired Samples Test terlihat nilai thitung > ttabel yaitu 10,711 >2,048 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Subtema 1 Cara tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SD N 177072 Halado.Downloads
Published
2022-11-11
How to Cite
Marpaung, R. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Cara Tubuh Mengolah Udara Bersih Kelas V SDN 177072 Halado . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3076–3083. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8690
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ronauli Marpaung, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).