Mengukur Kemampuan Berhitung melalui Metode Fun Game Wordwall pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah

Authors

  • Priskalia Niken Widowati Universitas Pelita Harapan
  • Theresia Efriyana Universitas Pelita Harapan
  • Yuliana Dwi Pratiwi Universitas Pelita Harapan
  • Samuel Lukas Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8670

Abstract

Kemampuan berhitung adalah kemampuan yang dimiliki anak untuk mengetahui konsep bilangan. Dengan memiliki kemampuan berhitung, setiap siswa dapat menerapkan dan menjawab permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berhitung dengan menggunakan metode permainan wordwall pada siswa kelas 1 SD Strada Kampung Sawah. Kemampuan berhitung dapat dinilai dengan menggunakan test. Alat ukur tes yang dikembangkan dapat mengetahui kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan. Peneliti menggunakan sampel sebanyak 40 siswa kelas 1 SD Strada Kampung Sawah dengan teknik sampling sebagian populasi. Test dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi game edukatif wordwall dengan harapan mendapat hasil yang menjawab tujuan penelitian dengan menggunakan test untuk memperkecil kesalahan. Hasil test tersebut diolah dengan melakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan uji mean. Hasil dari penelitian ini yaitu melalui pembelaran menggunakan metode fun game wordwall kemampuan membilang siswa berpengaruh positif terhadap kemampuan berhitung (membilang banyak benda, mengenal konsep bilangan dan mengenal lambang bilangan) dan gender tidak berpengaruh terhadap kemampuan berhitung siswa kelas 1 SD Strada Kampung Sawah.

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Widowati, P. N. ., Efriyana, T. ., Pratiwi, Y. D. ., & Lukas, S. . (2022). Mengukur Kemampuan Berhitung melalui Metode Fun Game Wordwall pada Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar Strada Kampung Sawah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2957–2964. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8670