Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Paper Quilling Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi I Palembang

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas PGRI Palembang
  • Bukman Lian Universitas PGRI Palembang
  • Dessi Andriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motorik halus anak dengan dukungan kertas quilling untuk anak kelompok B di TK Pertiwi I Palembang. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 21 anak kelompok B TK Pertiwi I Palembang, yaitu 12 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Sampel penelitiannya terdiri dari 15 anak kelompok B TK Pertiwi I Palembang diantaranya dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmis and Taggart yang berfokus pada keterampilan motorik halus anak.Hasil penelitian Tingkat keterampilannya anaklah dilakukan ditiap pertemuannya baik Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Saat pra tindakan aktivitasnya motorik halusnya anaklah berkembangnya sangat baik (BSB) yaitu 7% (1 anaknya), lalu siklus I tingkatnya motorik halusnya lewat aktivitasnya paper quiling berkembangnya juga baik (BSB) yaitu 60% (9 anaknya), ketika siklus II tingkanya motorik halusnya lewat aktivitasnya paper quiling meningkatlah yakni 93% (14 anaknya). Tingkatannya keahlian anaknya ketika aktivitasnya paper quiling berlangsung ditiap pertemuannya dimulainya Pra Tindakan, Siklus I dan Siklus II. Selanjutnya diberikan hadiahnya untuk anaknya dapat mengerjakan aktivitasnya paper quiling penambahannya semangat anaknya

Downloads

Published

2022-11-11

How to Cite

Susilawati, S., Lian, . B. ., & Andriani, D. . (2022). Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Paper Quilling Pada Anak Kelompok B Di Tk Pertiwi I Palembang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3017–3025. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8612