Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 177072 Halado
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8593Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetaui hasil belajar siswa dalam pembelajaran tema 2 selalu berhemat energi subtema 1 sumber energi dengan menggunakan media interaktif animasi lebih baik dari pada tanpa menggunakan media interaktif animasi di SD N 177072 Halado. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas IV-a berjumlah 31 orang sebagai kelompok kelas Eksperimen dan kelas IV-b berjumlah 29 orang sebagai kelompok kelas kontrol. Variabel ini terdiri dari variabel bebas yaitu media interaktif animasi sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t, untuk menguji hipotesis yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t, nilai thitung >ttabel 4,716>2,000 dengan taraf signifikan 0,05. Dari analisis tersebut diperoleh bahwa thitung lebib besar dari ttabel maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 sumber energi pembelajaran 1, 3, dan 4 kelas IV SD N 177072 berpengaruh atau menerima hippotesis Ha. .Downloads
Published
2022-11-09
How to Cite
Simanullang, H. P. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Media Interaktif Animasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 1 Sumber Energi Kelas IV SD Negeri 177072 Halado . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2504–2516. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8593
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Hartati Purnama Simanullang, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasai Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).