Urgensi Memperkokoh Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dalam Fenomena Era Inovasi Disruptif
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8578Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang eksistensi pendidikan agama Islam pada era inovasi disruptif. Penelitian ini menggunakan penelitian pustaka atau analisis konten. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa inovasi massif dalam tubuh pendidikan Islam dibutuhkan supaya bisa menjawab tuntutan serta tantangan zaman yang senantiasa mengalami perubahan. Terlebih pada saat pendidikan Islam memasuki era inovasi disruptif memberikan berbagai dampak di sejumlah bidang kehidupan, tidak terkecuali di bidang pendidikan. Di era ini memunculkan peristiwa disruption yang mendorong dunia pendidikan Islam supaya bisa melakukan penyesuaian diri. Pada saat ini lulusan pendidikan Islam berhadapan dengan berbagai tuntutan, kebutuhan serta tantangan baru yang sebelumnya belum pernah ditemui. Oleh karenanya perlu dijalankan inovasi, adaptasi serta pembaharuan pada sistem yang integratif, inovasi kurikulum, tata kelola, kompetensi SDM, sarana serta prasarana, etos kerja, budaya serta lain sebagainya. Apabila tidak dijalankan berbagai hal tersebut maka dikhawatirkan pendidikan Islam bakal semakin semakin tertinggal. Oleh karenanya perlu dicari berbagai langkah yang konkret untuk pendidikan Islam supaya bisa bersaing di era ini. Langkah solutifnya ialah dengan ikut mendisrupsikan dirinya dalam perubahan zaman.Downloads
Published
2022-11-09
How to Cite
Muhja, Z. A. ., Arifin, M. M. ., Subroto, D. E. ., Mamonto, M. F. ., & Julia, P. . (2022). Urgensi Memperkokoh Eksistensi Pendidikan Agama Islam Dalam Fenomena Era Inovasi Disruptif. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2445–2454. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8578
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Zainal Abidin Muhja, Moh. Miftahul Arifin, Desty Endrawati Subroto, Merdi F. Mamonto, Putry Julia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









