Kelayakan Modul Pembelajaran Digital Mata Kuliah Ilmu Bahan Otomotif

Authors

  • Binsar Maruli Tua Pakpahan Medan State University
  • Erma Yulia Medan State University
  • Saut Purba Medan State University

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8519

Abstract

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi membuat materi media pembelajaran dapat ditampilkan dengan menggunakan peralatan digital (elektronik). Media pembelajaran digital lebih interaktif dan dapat disimpan dalam bentuk softcopy sehingga mudah diterapkan tanpa batasan ruang dan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul pembelajran digital mata kuliah ilmu bahan otomotif di prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Pengembangan modul pembelajaran digital menggunakan pendekatan research and development (R and D), Sebagai acuan dalam mengembangkan mudul digital menggunakan 3 langkah dari model ADDIE (Analysis, Design, Development). Teknik pengumpulan data dalam menilai kelayakan modul pembelajaran digital dilakukan dengan penyebaran angket. Subjek penelitian adalah 3 orang ahli yakni ahli desain pembelajaran ahli materi ilmu bahan dan ahli media. Kriteria penilaian kelayakan oleh ahli pada modul pembelajaran digital menggunakan skala likert,  nilai  kategori  yaitu  5 ( sangat baik), 4 (baik), 3 (cukup baik), 2 (kurang) dan 1(sangat kurang), yang dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan nilai kelayakan ahli desain pembelajaran 4,3 ahli materi 4,5, dan ahli media pembelajaran 4,2. Dengan demikian dapat disimpulakan bahwa modul pembelajaran digital ilmu bahan yang dikembangkan sangat layak untuk di implementasikan.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Pakpahan, B. M. T. ., Yulia, . E. ., & Purba, S. . (2022). Kelayakan Modul Pembelajaran Digital Mata Kuliah Ilmu Bahan Otomotif . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2152–2157. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8519