Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo

Authors

  • Muhamad Refki Yunus Universitas Hein Namotemo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8502

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo yang berjumlah 21 orang siswa dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes hasil belajar siswa serta lembar observasi guru dan  lembar observasi siswa. Pada siklus I, hasil aktivitas guru yang diperoleh sebesar 44,44%, aktivitas siswa sebesar 52,78% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 orang siswa atau 57,14%. Pada siklus II, hasil yang diperoleh pada aktivitas guru meningkat menjadi 66,67%, untuk aktivitas siswa meningkat 67,36% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 orang siswa atau 71,42%. Dari hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo pada tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggalku.

Downloads

Published

2022-11-08

How to Cite

Yunus, . M. R. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2081–2089. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8502