Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8502Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo yang berjumlah 21 orang siswa dan instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes hasil belajar siswa serta lembar observasi guru dan lembar observasi siswa. Pada siklus I, hasil aktivitas guru yang diperoleh sebesar 44,44%, aktivitas siswa sebesar 52,78% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 12 orang siswa atau 57,14%. Pada siklus II, hasil yang diperoleh pada aktivitas guru meningkat menjadi 66,67%, untuk aktivitas siswa meningkat 67,36% dan jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 15 orang siswa atau 71,42%. Dari hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo pada tema 8 subtema 1 lingkungan tempat tinggalku.Downloads
Published
2022-11-08
How to Cite
Yunus, . M. R. . (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4 SD GMIH 2 Tobelo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 2081–2089. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8502
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Muhamad Refki Yunus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









