Pegaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinnan Siswa Kelas XII IPS Ketika Pembelajaran Jarak Jauh di SMA N 3 Pemalang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8386Abstract
Di masa pandemi, semua sekolah melakukan pembelajaran dengan sistem jarak jauh atau daring, untuk mengurangi penularan virus covid 19. Alternatif pembelajaran yang sering digunakan selama masa pandemi dilakukan sepenuhnya daring atau jarak jauh maupun campuran, tetapi masih banyak sekolah yang melakukan secara daring atau jarak jauh, diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, namun kondisi pembelajaran jarak jauh saat ini, terlihat kurang efektif dan kedisiplinan siswa. Kedisiplinan siswa masih tergolong rendah karena kurang adanya kesadaran diri pada siswa untuk mengikuti pembelajaran, sehingga dapat dikatakan self awareness nya masih kurang baik ketika pembelajaran jarak jauh ini diberlakukan. Dalam hal itu Pennelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh self awareness terhadap kedisiplinan siswa ketika pembelajaran jarak jauh. Penelitiann ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komperatif. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS dengan pengambilan sampel teknik sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran skala penelitian. Berdasarkan dari hasil analisis data penelitian dengan menggunakan uji regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa data tersebut menunjukan bahwa nilai F hitung 62,122 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 oleh karena itu, uji regresi linier sederhana dapat dipakai untuk memprediksikan variabel self awareness dengan kata lain didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh variabel self awareness terhadap variabel kedisiplinan siswa selama pembelajaran jarak jauh. Untuk dapat melihat seberapa kuat terpengaruhnya antara variabel X dengan variabel Y dapat dilihat dari nilai R square (koefesien determinan) sebesar 0,388 yang artinya pengaruh self awareness terhadap kedisiplinan sebesar 38,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh antara self awareness terhadap kedisiplinan siswa kelas XII IPS di SMA N 3 Pemalang ketika pembelajaran jarak jauh.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Afifah, F., Handayani, . A. ., & Setiawan, A. . (2022). Pegaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinnan Siswa Kelas XII IPS Ketika Pembelajaran Jarak Jauh di SMA N 3 Pemalang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1386–1394. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8386
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Firyal Afifah, Arri Handayani, Agus Setiawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).