Pegaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinnan Siswa Kelas XII IPS Ketika Pembelajaran Jarak Jauh di SMA N 3 Pemalang

Authors

  • Firyal Afifah Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8386

Abstract

Di masa pandemi, semua sekolah melakukan pembelajaran dengan sistem jarak jauh atau daring, untuk mengurangi penularan virus covid 19. Alternatif pembelajaran yang sering digunakan selama masa pandemi dilakukan sepenuhnya daring atau jarak jauh maupun campuran, tetapi masih banyak sekolah yang melakukan secara daring atau jarak jauh, diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif, namun kondisi pembelajaran jarak jauh saat ini, terlihat kurang efektif dan kedisiplinan siswa. Kedisiplinan siswa masih tergolong rendah karena kurang adanya kesadaran diri pada siswa untuk mengikuti pembelajaran, sehingga dapat dikatakan self awareness nya masih kurang baik ketika pembelajaran jarak jauh ini diberlakukan. Dalam hal itu Pennelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh self awareness terhadap kedisiplinan siswa ketika pembelajaran jarak jauh. Penelitiann ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode kausal komperatif. Responden dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XII IPS dengan pengambilan sampel teknik sampling jenuh. Data penelitian ini diperoleh melalui penyebaran skala penelitian. Berdasarkan dari hasil analisis data penelitian dengan menggunakan uji regresi sederhana dapat disimpulkan bahwa data tersebut menunjukan bahwa nilai F hitung 62,122 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 oleh karena itu, uji regresi linier sederhana dapat dipakai untuk memprediksikan variabel self awareness dengan kata lain didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh variabel self awareness terhadap variabel kedisiplinan siswa selama pembelajaran jarak jauh. Untuk dapat melihat seberapa kuat terpengaruhnya antara variabel X dengan variabel Y dapat dilihat dari nilai R square (koefesien determinan) sebesar 0,388 yang artinya pengaruh self awareness terhadap kedisiplinan sebesar 38,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh antara self awareness terhadap kedisiplinan siswa kelas XII IPS di SMA N 3 Pemalang ketika pembelajaran jarak jauh.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Afifah, F., Handayani, . A. ., & Setiawan, A. . (2022). Pegaruh Self Awareness Terhadap Kedisiplinnan Siswa Kelas XII IPS Ketika Pembelajaran Jarak Jauh di SMA N 3 Pemalang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1386–1394. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8386