Analisis Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar: Literatur Review

Authors

  • Nidya Chandra Muji Utami Universitas Negeri Jakarta
  • Maret Markus Harefa Universitas Negeri Jakarta
  • Indri Pudjiati Universitas Negeri Jakarta
  • Lilik Fitriani Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8377

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur keterampilan menulis puisi siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian literatur. Adapun tahapan penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, diskusi, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang didapat dalam penelitian ini yaitu artikel-artikel yang terdapat pada jurnal nasional 8 tahun terakhir yaitu pada tahun 2015 sampai tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan artikel keterampilan menulis puisi di Sekolah Dasar terdiri dari 12 artikel dari jenis penelitian kuantitatif, 3 artikel dari jenis penelitian kualitatif, 1 artikel dari jenis penelitian RnD, dan 14 dari jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang telah dijadikan referensi. Kebaruan dari penelitian ini yaitu didapatkannya keterkaitan antara artikel yang satu dengan artikel lainnya yang membahas topik yang sama. Hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa metode yang paling banyak digunakan dalam mengkaji keterampilan menulis puisi siswa di Sekolah Dasar adalah metode penelitian Tindakan Kelas dan metode penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Utami, N. C. M. ., Harefa, M. M. ., Pudjiati, I. ., & Fitriani, L. . (2022). Analisis Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar: Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1319–1332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8377