Analisis Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar: Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8377Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kajian literatur keterampilan menulis puisi siswa di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan kajian literatur. Adapun tahapan penelitian dilakukan dengan cara pengumpulan artikel, reduksi artikel, display artikel, diskusi, dan penarikan kesimpulan. Sumber data yang didapat dalam penelitian ini yaitu artikel-artikel yang terdapat pada jurnal nasional 8 tahun terakhir yaitu pada tahun 2015 sampai tahun 2022. Hasil penelitian menunjukkan artikel keterampilan menulis puisi di Sekolah Dasar terdiri dari 12 artikel dari jenis penelitian kuantitatif, 3 artikel dari jenis penelitian kualitatif, 1 artikel dari jenis penelitian RnD, dan 14 dari jenis Penelitian Tindakan Kelas. Pelaksanaannya sudah sesuai dengan teori-teori yang telah dijadikan referensi. Kebaruan dari penelitian ini yaitu didapatkannya keterkaitan antara artikel yang satu dengan artikel lainnya yang membahas topik yang sama. Hasil analisis penelitian disimpulkan bahwa metode yang paling banyak digunakan dalam mengkaji keterampilan menulis puisi siswa di Sekolah Dasar adalah metode penelitian Tindakan Kelas dan metode penelitian kuantitatif menggunakan eksperimen.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Utami, N. C. M. ., Harefa, M. M. ., Pudjiati, I. ., & Fitriani, L. . (2022). Analisis Keterampilan Menulis Puisi di Sekolah Dasar: Literatur Review. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1319–1332. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8377
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Indri Pudjiati, Lilik Fitriani, Maret Markus Harefa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









