Pengaruh Model Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manfaat Energi di Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8365Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain Quasi ekperimen dengan rancangan penelitian True Experimental tipe pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 56 siswa yang terdiri dari 29 siswa kelas eksperimen dan 27 siswa kelas kontrol. Teknik pengumpulan data adalah tes. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dan uji hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model problem solving terhadap hasil belajar siswa pada tema 2 sumber energi subtema 2 manfaat energi di kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar. Hal ini dapat dilihat dari ditemukannya hasil dari uji hipotesis atau Uji T dan Uji Paired Sample T Test terlihat dengan signifikansi sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model problem solving Terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar Tahun Ajaran 2022/2023.Downloads
Published
2022-11-05
How to Cite
Gaol, F. V. L. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. . A. . (2022). Pengaruh Model Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Manfaat Energi di Kelas IV SDN 125138 Kota Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1226–1238. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8365
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Fitri Venny Lumban Gaol, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).