Hubungan Gaya Hidup Sehat dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMPN 1 Tulangan

Authors

  • Yosa Putri Abhinaya Universitas Negeri Surabaya
  • Endang Sri Wahjuni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8362

Abstract

Mayoritas orang ingin mempunyai tubuh yang sehat dan bugar agar terhindar dari berbagai penyakit. Maka dari itu, penerapan gaya hidup sehat dan meningkatkan kebugaran jasmani sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya hidup sehat dengan tingkat kebugaran jasmani siswa SMPN 1 Tulangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket gaya hidup sehat dan mengukur kebugaran jasmani siswa SMPN 1 Tulangan menggunakan MFT (Multi Stage Fitness Test). Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Tulangan yang berjumlah 396 siswa yang terdiri dari 11 kelas. Sampel pada penelitian ini berjumlah 55 siswa dan penentuan sampel tersebut menggunakan teknik simple random sampling. penelitian ini memperoleh data gaya hidup sehat sebanyak 4 siswa (7%) masuk kategori sangat rendah, 14 siswa (25%) masuk kategori rendah, 18 siswa (33%) masuk kategori sedang, 15 siswa (27%) masuk kategori tinggi, 4 siswa (7%) masuk kategori sangat tinggi dan memperoleh data kebugaran jasmani siswa sebanyak 0 siswa (0%) masuk kategori sangat rendah, 21 siswa (38%) masuk kategori rendah, 22 siswa (40%) masuk kategori sedang, 8 siswa (15%) masuk kategori tinggi, 4 siswa (7%) masuk kategori sangat tinggi. Berdasarkan penelitian dari dua variabel, hasil terbanyak berada pada kategori sedang. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji korelasi spearman rho pada taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Hasil Uji korelasi spearman rho sebesar -0,006 menunjukkan ada hubungan yang sangat rendah antara gaya hidup sehat dengan kebugaran jasmani siswa SMPN 1 Tulangan.

Downloads

Published

2022-11-05

How to Cite

Abhinaya, Y. P. ., & Wahjuni, E. S. . (2022). Hubungan Gaya Hidup Sehat dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMPN 1 Tulangan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1199–1205. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8362