Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Sub Tema 3 Kelas V SDN 122347 Pematangsiantar

Authors

  • Meisy Clarita Simanjuntak Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Natalina Purba Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar
  • Radode Kritianto Simarmata Universitas HKBP NOMMENSEN Pematangsiantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8296

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik Tema 2 sub Tema 3 melalui  Model Problem Based Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 122347 Pematangsiantar dengan Subjek penelitian adalah siswa kelas V sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain Penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyaratan dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya  peningkatan hasil belajar siswa melalui model problem based leaning. Hal ini dibuktikan dengan terjadinya peningkatan skor, dimana pada pretest  diperoleh rata-rata 13% sementara pada posttest diperoleh 87%  telah terjadi peningkatan sebesar 74%. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dikatakan cukup efektif

Downloads

Published

2022-11-04

How to Cite

Simanjuntak, M. C. ., Purba , N. ., & Simarmata, R. K. . (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 2 Sub Tema 3 Kelas V SDN 122347 Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 1158–1170. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8296