Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di Kelas IV SD Negeri 124394 Pematang Siantar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8255Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya hasil belajar tematik siswa di SD Negeri 124394 pematang Siantar, hal ini terlihat dari hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik yang masih rendah atau dibawah standar kriteria ketuntasan minimal (KKM). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan yang signifikan anatara kemampuan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri dengan model pembelajaran langsung pada subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman dikelas IV SD Negeri 124394. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pre-test dan post-test design. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 124394 dengan jumlah kelas eksperimen 25 siswa dan jumlah kelas kontrol 22 siswa. Sebelum pre-test dan post-test dilaksanakan terlebih dahulu diujicobakan kepada kelas tinggi yaitu ke kelas V SD Negeri 124394 Pematang Siantar yang berjumlah 25 siswa untuk mengetahui validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil rata-rata pre-test kelas eksperimen 44,6 sebelum dilakukan perlakuan. Setelah dilakukan perlakuan menggunakan model pembelajaran Inkuiri pada kelas eksperimen maka hasil rata-rata post-test yaitu 80,6. Hasil rata-rata pre-test kelas kontol 40,45 sebelum dilakukan perlakuan. Setelah dilakukan perlakuan menggunakan model pembanding yaitu model pembelajaran langsung pada kelas eksperimen maka hasil rata-rata post-test yaitu 70,68. Maka dapat dilihat dari hasil tersebut bahwa model pembelajaran Ikuiri sangat cocok digunakan di Kelas IV SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Berdasarkan perhitungan SPSS versi 21 menggunakan paired sample test memperoleh hasil sig (2 – tailed) 0,000 < 0,005. Maka dari data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis penelitian diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri 124394 Pematang Siantar.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Haloho, E. ., Napitupulu, R. P. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Subtema 2 Kebersamaan dalam Keberagaman di Kelas IV SD Negeri 124394 Pematang Siantar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 824–836. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8255
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Esrawati Haloho, Rio Parsaoran Napitupulu, Yanti Arasi Sidabutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).