Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 124394 Pematang Siantar

Authors

  • Citrayani Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Christa Voni Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar
  • Yanti Arasi Sidabutar Universitas HKBP Nommensen Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8253

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 124394 Pematang Siantar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Hasil analisis uji instrument diperoleh bahwa instrumen valid dan reliabel, selain itu dari hasil perhitungan analisis data diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada subtema 1 bagaimana tubuh mengolah makanan di kelas V SDN 124394 Pematang Siantar. Berdasarkan hasil perhitungan dengan uji t maka dapat disimpulkan hipotesis diterima. Yakni thitung sebesar 20,164 lebih besar dari pada ttabel yakni 2,011. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak-pihak terkait seperti guru, siswa serta para peneliti selanjutnya.

Downloads

Published

2022-11-03

How to Cite

Sinaga, C. ., Sinaga, C. V. ., & Sidabutar, Y. A. . (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas V SDN 124394 Pematang Siantar . Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 801–812. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8253

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>