Distress pada Mahasiswa Penyusun Skripsi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8233Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dan faktor penyebab distress yang dialami mahasiswa pada program studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Semarang yang sedang menyelesaikan skripsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, pengumpulan datanya dengan wawancara dan analisis datanya secara kualitatif. Dalam penelitian ini terdiri dari 3 mahasiswa tingkat akhir penyusun skripsi yang tidak kunjung selesai karena adanya beberapa faktor yang menghambat pengerjaan skripsi sehingga membuat menjadi stress. Hasil penelitian menunjukkan bahwa distress terjadi karena mahasiswa penyusun skripsi tidak mampu mengatasi kesulitan-kesulitan yang ditemui dalam prosesnya menyusun skripsi. Stress yang dialami mahasiswa termasuk jenis stress negative sebab memberikan dampak buruk pada diri mahasiswa tersebut. Gambaran distress yang dialami mahasiswa nampak pada segi fisik, emosional, kognitif dan interpersonal. Sedangkan faktor penyebab stress pada mahasiswa penyusun skripsi terdiri dari dua faktor yaitu internal dan eksternal. Faktor internal meliputi, kemampuan atau pemahaman seseorang. Sedangkan faktor eksternal meliputi dosen pembimbing, pertemanan, tuntutan keluarga, keuangan dan beban tugas.Downloads
Published
2022-11-03
How to Cite
Roosyiana , . A. H. (2022). Distress pada Mahasiswa Penyusun Skripsi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 676–680. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8233
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Arum Hidayah Roosyiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).