Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Grafis Kartu di SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8211Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS siswa Kelas V SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Kurangnya aktivitas siswa ditandai dengan rendahnya hasil ujian tengah semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media grafis kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan aktivitas belajar siswa Kelas V dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media grafis kartu di SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 02 Ranah Batahan, yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes akhir siklus. Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 61,54 dan siklus 2 adalah 84,16, dengan persentase ketuntasan belajar 96,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media grafis kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2022-11-02
How to Cite
Setiana , Y. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Grafis Kartu di SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 629–635. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8211
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Yulkhaira Setiana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









