Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Grafis Kartu di SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat

Authors

  • Yulkhaira Setiana Sekolah Dasar Negeri 02 Ranah Batahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8211

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS siswa Kelas V SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat.  Kurangnya aktivitas siswa ditandai dengan rendahnya hasil ujian tengah semester II Tahun Ajaran 2021/2022. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media grafis kartu. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan  aktivitas belajar siswa Kelas V dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan media grafis kartu di  SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 02 Ranah Batahan, yang berjumlah 26 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas belajar  siswa, lembar observasi aktivitas guru, dan tes akhir siklus. Berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa siklus I adalah 61,54 dan siklus 2 adalah 84,16, dengan persentase ketuntasan belajar 96,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan media grafis kartu dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Setiana , Y. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Media Grafis Kartu di SDN 02 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 629–635. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8211