Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV.a SDN 01 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8207Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran IPS siswa Kelas IV.a SDN 01 Ranah Batahan Kurangnya motivasi siswa ditandai dengan hasil ulangan harian semester II Tahun Ajaran 2021/2022, hanya 29% siswa yang tuntas. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan motivasi belajar siswa Kelas IV.a dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT di SDN 01 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa Kelas IV.a SDN 01 Ranah Batahan, yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi motivasi belajar siswa, lembar observasi aktivitas guru, angket, catantan lapangan dan tes akhir siklus. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi motivasi siswa diperoleh rata-rata persentase pada siklus I adalah 55,17%. Pada siklus II rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh adalah 77,54%. Sedangkan hasil belajar rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 65,83, dengan persentase ketuntasan belajar 45,84%. Sementara itu rata-rata hasil belajar siswa siklus II adalah 80,41, dengan persentase ketuntasan belajar 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.Downloads
Published
2022-11-02
How to Cite
Kasmida, E. . (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV.a SDN 01 Ranah Batahan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 599–606. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8207
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ely Kasmida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).