Proses Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Sistem Pencernaan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah Hilir Kab Rokan Hulu

Authors

  • Ernalis Ernalis SMA Negeri 3 Rambah Hilir

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8203

Abstract

Berdasarkan pengalaman Pembelajaran sains biologi masih ditemukan adanya permasalahan dan kesulitan dalam hal menguasai konsep materi biologi, terutama untuk materi sistem organ. Banyaknya tuntutan hafalan dan juga pemahaman konsep materi agar bisa diterima oleh siswa membuat siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran Biologi. Rendahnya kompetensi keterampilan dan hasil belajar pemahaman siswa mempengaruhi hal ini. Selama ini guru yang mengajar mata pelajaran Biologi merasa kesulitan membuat mata pelajaran biologi ini disenangi dan diterima dengan baik oleh siswa, karena belum ditemukan cara belajar yang baik dan menarik yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah Hilir pada materi sistem pencernaan. Metode peneleitian ini yaitu penelitian PTK dengan tahapan oleh Arikunto 2010. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 12 orang yang tuntas dan 8 orang yang tidak tuntas. Aktivitas siswa pada siklus I sudah mengalami peningkatan pada setiap indicator. Pada siklus II ketuntasan siswa sudah mengalami peningkatan yaitu 19 orang siswa sudah tuntas, hanya satu orang siswa yang tidak tuntas. Dari hasil penelitian maka dengan Pembelajaran model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah Hilir

Downloads

Published

2022-11-02

How to Cite

Ernalis , E. . (2022). Proses Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Sistem Pencernaan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah Hilir Kab Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 566–580. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8203