Proses Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Sistem Pencernaan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah Hilir Kab Rokan Hulu
DOI:
https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8203Abstract
Berdasarkan pengalaman Pembelajaran sains biologi masih ditemukan adanya permasalahan dan kesulitan dalam hal menguasai konsep materi biologi, terutama untuk materi sistem organ. Banyaknya tuntutan hafalan dan juga pemahaman konsep materi agar bisa diterima oleh siswa membuat siswa merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam mengikuti pelajaran Biologi. Rendahnya kompetensi keterampilan dan hasil belajar pemahaman siswa mempengaruhi hal ini. Selama ini guru yang mengajar mata pelajaran Biologi merasa kesulitan membuat mata pelajaran biologi ini disenangi dan diterima dengan baik oleh siswa, karena belum ditemukan cara belajar yang baik dan menarik yang dapat membantu mengatasi permasalahan ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah Hilir pada materi sistem pencernaan. Metode peneleitian ini yaitu penelitian PTK dengan tahapan oleh Arikunto 2010. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Rambah Hilir Kabupaten Rokan Hulu tahun pelajaran 2021/2022. Jumlah siswa 20 orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 12 orang yang tuntas dan 8 orang yang tidak tuntas. Aktivitas siswa pada siklus I sudah mengalami peningkatan pada setiap indicator. Pada siklus II ketuntasan siswa sudah mengalami peningkatan yaitu 19 orang siswa sudah tuntas, hanya satu orang siswa yang tidak tuntas. Dari hasil penelitian maka dengan Pembelajaran model kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah HilirDownloads
Published
2022-11-02
How to Cite
Ernalis , E. . (2022). Proses Peningkatan Aktivitas Belajar Materi Sistem Pencernaan melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Rambah Hilir Kab Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 566–580. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8203
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2022 Ernalis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





.png)









